Kamis, 10 Maret 2011

Gempa yang terjadi sebelumnya yang menghantam bagian utara Jepang dengan guncangan awal berkekuatan 7,2 pada Rabu (9/3/2011),kini  menjadi bencana besar, Jumat (11/3/2011), hari ini. Gempa melanda dengan kekuatan menjadi 8,9 yang terjadi di wilayah lepas pantai timur di Jepang.

 Seperti kutipan detiknews.com , Sebelumnya,dikabarkan akan adanya peringatan tsunami setinggi lebih dari 50 sentimeter di wilayah timur laut Jepang dan fokus getaran gempa tersebut sejauh 10 kilometer atau 6 mil di bawah permukaan bumi di wilayah Aomori.

Hari ini, gempa bumi berkekuatan 8,9 tersebut telah mengguncang bangunan-bangunan di ibu kota Tokyo dan menyebabkan banyak korban luka, serta setidaknya satu kebakaran dan memicu peringatan tsunami hingga ketinggian 10 meter.


Adapun tayangan televisi menunjukkan terjangan air laut yang masuk ke wilayah Miyagi di Pulau Honsyu. Getaran gempa terasa kuat di Kota Tokyo. Diperlihatkan gambar asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat ke utara negara itu dihentikan. Gambar televisi menunjukkan mobil-mobil terayun-ayun di air di samping perahu. DIkabarkan Sendai dan Iwate mengalami kerusakan paling parah. 
 
Dikabarkan nilai tukar mata uang Jepang, yen, langsung melorot terhadap dollar AS setelah gempa 8,9 magnitude menggocang Jepang dan memicu tsunami.

Kabar terbaru  akan terjadi tsunami susulan di :IRJA,MALUT,PAPUA,SULUT,diprkirakan tsunami tiba jam18:00WIB,akibat gempa di Jepang M:8.8SR,11-03-11

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar