Selasa, 06 Februari 2018



KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah produk kredit dari bank yang mengizinkan nasabahnya maupun non nasabah untuk mengajukan pinjaman uang tanpa agunan. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang bersedia melakukan berbagai cara agar pengajuan pinjamannya disetujui oleh pihak bank. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk
kredit ini sehingga menjadi produk favorit masyarakat saat ini, antara lain:


1.       Tanpa jaminan
2.       Proses persyaratan mudah
3.       Pencairan dana cepat
4.       Bebas digunakan untuk apapun
Berbeda dengan jenis kredit lainnya yang sudah jelas tujuan dan penggunaannya, memang pada kredit jenis ini tidak ada batasan penggunaaan. Artinya, Anda bebas memanfaatkan uang tunai yang diterima untuk keperluan apapun. Bahkan, banyak juga yang mengajukan KTA dengan tujuan untuk membayar cicilan kartu kreditnya. Atau, mengajukan KTA untuk berbagai keperluan lain yang sebenarnya tidak menghasilkan, seperti biaya kuliah, travelling, membeli gadget terbaru, dan beberapa kebutuhan lainnya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat mereka kerepotan ketika harus membayarnya. Apalagi, untuk penggunaan menutup kredit lainnya (kaartu kredit).
Nah, supaya Anda tidak terjebak di dalamnya, ada baiknya Anda tidak langsung tergiur oleh keuntungan KTA tanpa memahami  beberapa hal berikut terlebih dahulu:

·         Bunga pinjaman
Tidak ada jenis kredit apapun di bank yang terbebas dari bunga. Meskipun kecil, namun bank pasti tetap akan menerapkan bunga pinjaman. Untuk produk KTA sendiri, bunga pinjaman yang dibebankan epada debitur cukup tinggi. Sehingga, jika Anda menghitung nominal yang Anda dapatkan dengan nominal total yang harus Anda bayarkan, akan terdapat selisih yang cukuplah besar.

·         Denda keterlambatan
Jangan pernah terlambat membayar tagihan cicilan KTA setiap bulannya, karena akan ada denda keterlambatan yang harus Anda bayarkan. Tidak hanya itu, jika Anda terlalu sering membayar tagihan di atas tanggal jatuh tempo, maka nama Anda dalam catatan perkreditan akan buruk. Padahal, data ini akan masuk ke dalam catatan Bank Indonesia sehingga berisiko akan menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman apapun dimasa depan.

·         Biaya lainnya
Jangan mengira bahwa ketika Anda mengajukan pinjaman 9 juta, artinya Anda akan mendapatkan nominal sesuai dengan yang diminta. Sebab, akan ada berbagai biaya yang akan dibebankan kepada Anda sebelum proses pencairan dana. Jadi, pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai berbagai biaya ini sebelum mengajukan KTA.
Dengan memahami ketiga hal di atas, Anda akan bisa lebih mantap memutuskan apakah Anda akan mengajukan KTA atau tidak? Khususnya, jika Anda mengajukan kredit ini hanya untuk tujuan bersenang-senang. (Vita)

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar