Jumat, 10 Agustus 2012


Memulai bisnis memang bukan perkara yang mudah. Bisnis dianggap sukses atau tidak bukan hanya bagaimana perjalanan bisnis itu dalam 1 tahun,2 tahun atau 3 tahun tapi bagaimana bisnis itu dapat terus berjalan dan berkembang hinga 15 tahun lebih.
Kita memang tidak bisa memprediksi sebuah bisnis akan berhasil atau tidak, namun kita dapat belajar dari kesalahan orang lain dalam menjalankan bisnisnya. Apa saja kesalahan bisnis yang sering dilakukan?
1.       Tidak ada perencanaan
Biasanya orang yang memilki ide untuk berbisnis akan segera membuka bisnis mereka dengan semangat, tapi hati-hati ide dan konsep sederhana tidaklah cukup karena diperluka perencanaan yang matang, seperti visi usaha,sasaran, prilaku konsumen dan sebagainya.
2.       Pemasaran Yang lemah
Biasanya kita akan tergoda memproduksi sebanyak-banyaknya produk, atau terlalu memaksakan beriklan dengan biaya yang cukup menguras kantong tapi tidak terlalu berdampak pada penjualan. Maka jeli-jelilah dalam melakukan pemasaran Anda.
3.       Manajemen Yang Buruk
Tidak harus memilki latar manajemen atau akuntansi pembisnis, Anda cukup mencatat dengan baik dan mengevaluasi apak bisnis berjalan dengan baik atau di jurang kebangkrutan.
4.       Ledakan Pegawai
Usahakan jangan tergoda untuk merekrut pegawai dalam jumlah banyak, cuku rekrut sesuai dengan yang Anda butuhkan. Perekrutan dapat Anda lakukan jika bisnis sudah berkembang besar dan Anda sudah merumuskan job description calon pegawai Anda.
5.       Tidak Ada Pembedaan Uang
Banyak pembisnis awal yang tergoda dengan keuntungan besar di awal-awal bisnis dan tidak membedakan pengeluaran usaha dengan pribadi. Maka pisahkan keuangan usaha dengan pribadi.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar