Kamis, 14 Juli 2011

ASI memiliki banyak manfaat dan kegunaan,pemberian ASI juga bermanfaat untuk sang ibu. Maka pilihan yang tepat jika Ibu memberikan ASI ekslusif dan meningkatkan ASI agar ASI berjalan lancar.

Manfaat jika Ibu memberikan ASI kepasa sang buah hati :
1. Menyusui menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium pramenopause dan penyakit jantung, serta bisa menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari. Manfaat tersebut meningkat selama ia menyusui.
2. Ibu yang menyusui memperoleh manfaat dengan bertambahnya kadar oksitosin, yakni hormon yang merangsang uterine contractions yang menurunkan risiko for postpartum bleeding. Perempuan bisa memulihkan dirinya secara lebih baik dengan sedikitnya pendarahan saat melahirkan.
3. Seringnya menyusui secara eksklusif biarpun tidak selalu, dapat menunda kembalinya ovulasi dan menstruasi selama 20 hingga 30 minggu atau lebih. Hal ini merupakan metode alami untuk memberi jarak kelahiran antar anak bagi kebanyakan orang.
4. Menyusui dapat meningkatkan perasaan keterikatan antara ibu dan bayi.
5. Ibu yang menyusui tanpa memiliki sejarah gestational diabetes (diabetes semasa hamil) kemungkinan kecil berisiko menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari.

“ASI hal yang sepele tapi bermanfaat bagi Ibu dan anak.” (Mew)

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar