Senin, 13 Februari 2017



Tidak banyak yang tahu bahwa kebakaran di rumah seringnya hadir dari kesalahan penghuninya sendiri. Ya, kebakaran memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, dengan penyebab yang beragam mengingat banyaknya jenis sumber energi panas. Nah, ternyata selain karena hubungan arus pendek, kebakaran juga bisa terjadi karena hal-hal kecil di bawah ini. Yuk, cek apa saja penyebabnya dan jangan lupa untuk mendaftarkan properti Anda pada asuransi kebakaran!
·         Bocornya kompor gas. Seringnya, penyebab kebakaran nomor satu di lingkungan perumahan
adalah karena berawal dari kebocoran kompor gas. Hal ini timbul karena karet pada mulut tabung gas mulai longgar sehingga gas bisa keluar. Akibatnya, gas ini bisa memicu kebakaran dan membuat penghuni rumah yang menghirup gasnya merasa sesak karena mengandung racun. Oleh sebab itu, cek karet ini secara berkala dan pastikan bahwa selangnya tidak bocor atau bahkan longgar. Jika Anda menemukan lubang sedikit saja, langsung ganti dengan yang baru sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
·         Kelalaian manusia. Tidak bisa disangkal, kelalaian manusia menjadi penyebab utama mengapa bisa terjadi kebakaran di rumah. Ada banyak sekali hal-hal yang biasa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menimbulkan risiko kebakaran. Ini dia beberapa di antaranya:
o    Menempatkan obat nyamuk bakar atau lilin di dekat benda yang mudah terbakar. Masih suka memasang obat nyamuk atau lilin di rumah? Nah, maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya, dari api kecil, Anda bisa menimbulkan api yang lebih besar lagi. Pasalnya, api tersebut bisa terpercik dan merambat ke seluruh penjuru rumah dalam sekejap. Hindari untuk meletakkan kedua benda tersebut di dekat sesuatu yang mudah terbakar.
o    Memasak tanpa memperhatikan sekitar. Saat memasak, pikiran Anda mudah sekali terdistraksi sehingga terkadang Anda sering meninggalkan kompor dalam keadaan menyala. Hal yang sering terjadi adalah ketika menggoreng. Anda melupakan hal tersebut dan akhirnya, api naik ke minyak panas dan membakar dapur Anda.
·         Meletakkan pemantik api sembarangan. Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, usahakan untuk menyimpan pemantik api atau alat-alat lain yang dapat menimbulkan api jauh dari jangkauan anak. Patut diingat, anak Anda masih dalam proses perkembangan sehingga punya rasa ingin tahu yang sangat besar. Oleh sebab itu, ketika anak Anda melihat pemantik api sembarangan dan mulai memainkannya, bukan tidak mungkin jika api akan menjalar dan menimbulkan kebakaran besar.
Itu dia beberapa penyebab kebakaran di rumah. Semoga membantu, ya!

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar